Baru-baru ini, dilakukan revalidasi status Global geopark rinjani lombok NTB. Mulai dari tanggal 29 Mei hingga 1 Juni 2022, tim penilai lapangan dari UNESCO datang mengunjungi kawasan tersebut. Mereka melakukan evaluasi dan validasi selama empat tahun di lapangan Gunung Rinjani, Lombok.

Ada tiga kriteria penilaian yang harus dipenuhi agar Gunung Rinjani tetap menjadi bagian dari UNESCO Global Geopark. Ketiga kriteria tersebut adalah geodiversitas (keragaman geologi), biodiversitas (keragaman hayati), dan keanekaragaman budaya.

Global Geopark Rinjani Lombok NTB
Global Geopark Rinjani Lombok NTB

Geopark Rinjani Lombok NTB

Menjelajahi Wisata Geopark Rinjani Lombok NTB

Seperti yang kita ketahui, kawasan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat, Lombok, telah ditetapkan sebagai geopark global. Keputusan tersebut diumumkan dalam pertemuan Dewan Eksekutif UNESCO pada tanggal 12 April 2018 di Paris, Prancis. Geopark Rinjani yang global ini meliputi empat kabupaten, yaitu Lombok Utara, Lombok Tengah, Lombok Timur, dan Lombok Barat.

Baca juga : Oleh oleh khas Ambon Maluku

Dengan potensi yang melimpah, Geopark Rinjani telah menjadi destinasi wisata yang terkemuka. Tidak hanya menawarkan pendakian, tetapi juga beragam daya tarik dan aktivitas yang memikat. Oleh karena itu, pemerintah daerah dan pengelola tetap optimis bahwa status Taman Bumi Rinjani sebagai UNESCO Global Geopark akan tetap terjaga. Dengan prestasinya, Rinjani akan terus memancarkan keindahan pariwisata Lombok dan mempromosikan keindahan provinsi Nusa Tenggara Barat kepada dunia.

Daya Tarik Unik di rinjani-lombok unesco global geopark NTB

Menjelajahi Daya Tarik Unik di Geopark Rinjani Lombok NTB

Di dalam kawasan Geopark Rinjani, terdapat beberapa destinasi unik yang menarik perhatian wisatawan. Antara lain:

Danau Segara Anak

Danau ini terletak di ketinggian 2.010 mdpl dan merupakan bagian dari Gunung Rinjani. Terbentuk akibat letusan gunung pada abad ke-12, danau ini kemudian terisi air, menciptakan Danau Segara Anak. Dengan luas sekitar 1.100 hektar dan kedalaman 230 meter, danau ini menjadi tempat pelaksanaan upacara bagi umat Hindu.

Danau ini juga menjadi tujuan populer bagi para pendaki setelah mencapai puncak Gunung Rinjani. Di sini, Sobat dapat menikmati pemandangan indah Gunung Rinjani dan kawah vulkaniknya, Barujari, dari kejauhan. Selain itu, dekat Danau Segara Anak terdapat dua mata air panas yang bernama Aik Kalak dan Gua Susu.

Baca juga: 5 Danau Paling Angker di Indonesia

Jika Sobat memilih untuk turun melalui jalur hutan Toren, dapat berkemah di Gua Susu. Kemudian pada malam hari, Sobat bisa berendam di sauna alami yang terdapat di sana.

Selain beragam aktivitas yang telah disebutkan, di Danau Segara Anak Sobat juga dapat memancing. Terdapat banyak jenis ikan di danau ini, seperti ikan nila, mas, mujaer, dan lainnya. Jika beruntung, Sobat juga bisa melihat itik gunung atau Black Pacific Duck. Bebek kecil dengan kepala berwarna coklat gelap dan tubuh belang coklat tua ini terlihat bermain riang di tengah danau.

Tempat instagramable di Lombok

Sembalun

Sembalun adalah sebuah kecamatan dengan luas wilayah 217,08 kilometer persegi dan terdiri dari enam desa, yaitu Desa Sembalun Bumbung, Desa Sembalun Lawang, Desa Sajang, Desa Bilok Petung, Desa Sembalun, dan Desa Sembalun Timba Gading.

Terletak di kaki Gunung Rinjani, Sembalun memiliki ketinggian antara 800 hingga 1.200 mdpl. Sebagai salah satu jalur awal pendakian, kecamatan Sembalun, terutama Sembalun Lawang, memiliki peran penting. Di sini terdapat pemandangan indah berupa sawah luas yang dapat menghilangkan rasa lelah saat pendakian.

Baca juga: Desa wisata Bilebante Lombok Tengah

Sobat dapat mampir sejenak untuk menjelajahi daya tarik Sembalun sebelum mencapai puncak Gunung Rinjani. Pertama-tama, kunjungi kebun buah dan sayur. Sobat dapat menikmati buah-buahan lezat seperti pepaya, apel, jambu, stroberi, jeruk, dan lainnya.

Selanjutnya, Sobat bisa mengunjungi Desa Beleq/Blek, sebuah desa yang menceritakan sejarah terbentuknya wilayah Sembalun. Di sana terdapat tujuh rumah adat yang telah ada sejak zaman dahulu dan dibangun menggunakan bahan alami. Selain menjelajahi rumah adat, Sobat juga dapat mempelajari sejarah Sembalun dan menyaksikan beberapa atraksi budaya, seperti tarian dan upacara adat.

Dua destinasi wisata di atas dilengkapi dengan Bukit Selong, Bukit Pergasingan, dan Taman Wisata Pusuk yang menawarkan pemandangan memukau di Geopark Rinjani Lombok.

Desa adat yang terkenal di Lombok 

Desa Adat Sade Rinjani Lombok

Sebelum menuju kawasan Geopark Rinjani Lombok, terdapat satu desa yang dihuni oleh suku Sasak. Mereka hidup bersama, mempertahankan adat istiadat mereka dengan teguh.

Sobat akan disambut untuk mengunjungi kediaman mereka dan berinteraksi langsung dengan penduduk setempat. Salah satu ciri khas desa Sade adalah rumah adat yang unik. Rumah tradisional Sasak terbuat dari anyaman bambu dan beratapkan ijuk.

Kunjungi pula Pura Lingsar, tempat ibadah bagi umat Hindu dan Islam di Lombok. Pura ini menjadi simbol perdamaian dan kerukunan antaragama. Di dalam kompleks pura, terdapat dua kolam suci yang dipercaya memiliki khasiat penyembuhan.

Selain itu, Sobat dapat melihat proses pembuatan kain tenun ikat yang memukau di Desa Sade. Desa ini terkenal dengan kain tenun ikat Sasak yang dihasilkan secara tradisional. Sobat bisa melihat prosesnya dan bahkan membeli beberapa kain tenun ikat sebagai oleh-oleh.

Jadi, saat berada di Lombok, jangan lewatkan untuk menjelajahi keindahan Geopark Rinjani. Mulai dari Danau Segara Anak yang menakjubkan, kecamatan Sembalun yang menawarkan pemandangan alam yang memesona, hingga desa adat Sade yang memperkenalkan adat istiadat suku Sasak. Nikmati pengalaman tak terlupakan di Lombok dan jadikan Geopark Rinjani sebagai salah satu destinasi wisata utama Anda.

Sumber Artikel : Geopark Rinjani Lombok NTB

Post a Comment